Sinopsis Korean Movie: ELEGANT LIES (2014)

Elegant Lies 2014

Judul Film : Thread of Lies / Elegant Lies

Sutradara : Lee Han

Tanggal Rilis : 13 Maret 2014

Durasi : 117 min

Cast :

Elegant Lies 2014


Cheon Ji adalah anak yang sangat manis, penurut, rajin, dan selalu menerima keadaan. Sangat berbeda dengan kakaknya, Man Ji, yang cuek, pemberontak, dan selalu protes kepada ibunya (Hyun Sook). Sedangkan Hyun Sook bekerja keras di sebuah supermarket untuk menghidupi keluarganya semenjak suaminya meninggal pada sembilan tahun yang lalu.

Tidak seperti biasanya, pagi itu Cheon Ji meminta dibelikan mp3 ke ibunya sebagai hadiah ulang tahun yang dipercepat. Namun ibunya beralasan akan membelikan lain kali karena uang sewa rumah baru saja dinaikkan. Karena wajah Cheon Ji sangat memelas saat meminta, ibunya tidak tega dan siangnya pergi ke toko untuk membelikan Cheon Ji mp3 dan meminta Man Ji menanyakan pada Cheon Ji warna apa yang dia inginkan. Man Ji pun menelepon Cheon Ji yang tidak diangkat oleh Cheon Ji. Siang itu Cheon Ji bunuh diri.

Elegant Lies 2014

Setelah kepergian Cheon Ji, Man Ji dan Hyun Sook pindah ke kompleks apartemen baru. Namun sepertinya Hyun Sook belum pernah memeriksa keadaan apartemen itu sebelumnya, karena apartemen yang akan mereka tempati sangat sempit dan kotor. Tetangga sebelah mereka yang bernama Chu Sang Bak juga aneh, memiliki rambut gondrong yang menakutkan. Sesudah beres-beres apartemen baru, Man Ji dan Hyun Sook makan di restoran Bo Sin Gak yang menjual jajangmyeon. Bo Sin Gak adalah milik keluarga Hwa Yeon teman sekelas Cheon Ji yang letaknya di sebelah apartemen baru mereka.

Elegant Lies 2014

Keesokan paginya, Man Ji mengetahui bahwa ada seorang anak yang meminjam baju Cheon Ji selama 3 bulan dan baru mengembalikannya. Anak itu mengatakan kalau dia disuruh Hwa Yeon, dan menurut dia selama ini sahabat Cheon Ji hanyalah Hwa Yeon. Man Ji sebelumnya pernah mengajak Hwa Yeon dan Cheon Ji makan bersama. Karena itu sepulang sekolah Man Ji ingin mentraktir Hwa Yeon lagi dan mengajaknya ngobrol. Tidak seperti seharusnya, Hwa Yeon malah mengaku tidak dekat dengan Cheon Ji. Tapi Hwa Yeon juga bercerita kalau mp3 yang pernah Cheon Ji minta adalah hadiah untuk tukar kado dengannya saat ulang tahun. Sepanjang jalan pulang ke apartemen Hwa Yeon bercerita segala macam pada Man Ji, Man Ji pun semakin curiga apakah kematian Cheon Ji ada kaitannya dengan Hwa Yeon. Man Ji juga meminta Hwa Yeon untuk membawakan barang-barang Cheon Ji yang masih tertinggal di loker sekolah.

Elegant Lies 2014

Di supermarket Hyun Sook terus diperhatikan oleh seorang pria yang sedang berkeliling mencoba sampel makanan. Kemudian pria ini mengajak Hyun Sook untuk berbicara dan terus meminta untuk menjalin hubungan kembali dengannya. Setelah dituruti keinginannya untuk mengobrol, pria ini terus memohon hingga akhirnya Hyun Sook pun marah. Karena tidak terima, pria ini kemudian akan memukul Hyun Sook namun dapat dicegah oleh Chu Sang Bak yang berakhir babak belur dipukuli pria itu. Sejak kejadian itu Hyun Sook pun melihat sedikit sisi baik dari Chu Sang Bak.

Elegant Lies 2014

Di sekolah Mi Ra memarahi Hwa Yeon, Mi Ra adalah teman sekelas Cheon Ji yang kakaknya Mi Ran adalah sahabat Man Ji. Menurut Mi Ra, Hwa Yeon adalah penyebab Cheon Ji tidak memiliki teman setelah Hwa Yeon memfitnah bahwa ayah Cheon Ji meninggal karena bunuh diri. Sehingga selama ini semua teman menjauhi Cheon Ji dan hanya Hwa Yeon yang berpura-pura dekat dengan Cheon Ji. Mengetahui hal ini teman-teman sekelas mereka membenarkan dan semua pun mulai berbalik memusuhi Hwa Yeon. Mi Ra juga bilang jika Hwa Yeon hanyalah dompet gratis, memiliki banyak teman karena selalu mentraktir. Mi Ra teringat kejadian tahun lalu ketika ulang tahun Hwa Yeon. Semua anak diundang untuk makan di rumah Hwa Yeon. Tapi dari tahun ke tahun waktu dimulainya acara pada undangan Cheon Ji selalu tertulis satu jam lebih lambat. Waktu itu juga Cheon Ji datang telat dan langsung makan, ketika itu Hwa Yeon dan teman-temannya membicarakan Cheon Ji dalam grup chat yang tidak ada Cheon Ji di dalamnya. Mereka menganggap Cheon Ji tidak tahu malu datang ke ulang tahun hanya untuk makan.

Elegant Lies 2014

Di rumah Mi Ra menceritakan pada kakaknya, Mi Ran, tentang bagaimana Hwa Yeon menyiksa Cheon Ji. Mi Ran malah memarahi Mi Ra karena Mi Ra hanya melihat tanpa membela Cheon Ji. Tapi Mi Ra membantah, dia merasa bahwa dirinya yang paling baik pada Cheon Ji. Saat itu kemudian datanglah ayah mereka yang pengangguran dan hobinya keluyuran tidak jelas. Ternyata ayah mereka adalah pria yang datang ke supermarket, pria itu adalah mantan Hyun Sook. Setelah makan ramen buatan Mi Ran, dia berjanji akan segera mencari pekerjaan.

Elegant Lies 2014

Karena merasa tidak enak dengan hubungan ayahnya dengan ibu Man Ji, Mi Ran akhirnya mengundang Man Ji ke rumahnya untuk membicarakan hal tersebut. Man Ji menceritakan semua tentang hubungan orang tua mereka, tapi Man Ji biasa saja, tidak kaget. Man Ji lalu menanyakan pada Mi Ra, apa Cheon Ji tahu tentang hal ini, Mi Ra sepertinya kaget dan langsung tersedak. Mi Ran kemudian mengusap bibir Mi Ra yang tidak sengaja memuntahkan makanan dan bilang tidak apa-apa karena makanannya masih banyak. Melihat kedekatan Mi Ra dan Mi Ran, Man Ji teringat akan Cheon Ji yang tidak pernah dia perhatikan sebelumnya. Man Ji pun sedih dan kemudian pamit meninggalkan rumah Mi Ran. Malamnya Man Ji teringat kalau Cheon Ji pernah bercerita tentang pembulian di sekolahnya, meskipun Cheon Ji tidak bilang bahwa cerita itu dia alami sendiri. Man Ji menyesal karena tidak pernah melindungi Cheon Ji hingga dia memutuskan bunuh diri.

Elegant Lies 2014

Di Bo Sin Gak, Hwa Yeon dipaksa ibunya untuk berangkat sekolah, dia alasan sakit perut tetapi ibunya tetap menyuruh masuk sekolah. Hwa Yeon sangat tidak ingin ke sekolah karena sekarang teman-temannya menganggap dia pembuli. Hwa Yeon akhirnya bolos sekolah, berjalan-jalan dan pergi ke karaoke, bahkan rela memberi hadiah untuk temannya yang mau menemani karaoke. Tapi tidak ada seorang pun yang datang. Hwa Yeon kemudian main ke pos penjagaan apartemen dan bertemu dengan Chu Sang Bak. Chu Sang Bak bertanya kemana Cheon Ji kok mereka tidak pernah bersama lagi. Hwa Yeon bilang kalau Cheon Ji sudah meninggal bunuh diri. Chu Sang Bak sangat kaget, dia bilang bahwa Cheon Ji adalah anak yang suka bercerita, mereka sering ke perpustakaan untuk ngobrol dan makan bersama. Heran dengan Chu Sang Bak yang mengenal Cheon Ji dengan baik, Hwa Yeon pergi meninggalkan pos penjagaan dengan terburu-buru. Hwa Yeon bilang ke Man Ji bahwa Chu Sang Bak mengenal Cheon Ji.

Elegant Lies 2014

Setelah melihat-lihat barang peninggalan Cheon Ji, Man Ji kemudian pergi ke perpustakaan untuk melihat buku apa saja yang pernah dipinjam Cheon Ji. Di luar perpustakaan, duduklah Chu Sang Bak dengan wajah sedih. Man Ji memandang aneh Chu Sang Bak sambil menanyakan bagaimana dia kenal Cheon Ji. Chu Sang Bak kemudian bercerita panjang lebar bagaimana Cheon Ji benci sekolah, bagaimana Cheon Ji rajin belajar agar dianggap teman-temannya, cerita-cerita yang selama ini disembunyikan Cheon Ji dari ibu dan kakaknya. Menurut Chu Sang Bak, bagi anak seusia Cheon Ji kehadiran sosok seorang teman bagaikan belahan dunianya.

Elegant Lies 2014

Hyun Sook merajut saat istirahat di supermarket, saat benangnya sampai di ujung terdapat kertas di dalam benang rajut itu. Hyun Sook tidak dapat menahan tangis ketika tahu bahwa kertas itu adalah surat bunuh diri yang dikirim oleh Cheon Ji untuk dirinya. Hyun Sook teringat kepada Cheon Ji yang benci jajangmyeon, tentang guru Cheon Ji yang bilang padanya bahwa Hwa Yeon membuli Cheon Ji. Berulang kali Hyun Sook mencoba memberitahukan hal itu pada ibu Hwa Yeon namun tidak pernah dianggap. Hyun Sook menceritakan pada Man Ji tentang surat bunuh diri yang berada di dalam benang rajut merah. Mereka pun mencari semua benang rajut merah di apartemen. Di sebuah benang rajut terdapat kertas yang sama dengan kertas yang ditujukan pada Hyun Sook. Kertas itu adalah surat bunuh diri untuk Man Ji, “Kakak yang selalu ku cemburui, sekalipun aku telah pergi jauh janganlah kau melupakanku. Aku mencintaimu”. Kertas tersebut adalah kertas kedua dari lima buah yang ada.

Elegant Lies 2014

Hyun Sook pergi ke Bo Sin Gak untuk membeli jajangmyeon yang ketika pulang langsung dimuntahkan. Seringnya Hyun Sook datang kesitu membuat Ibu Hwa Yeon tidak nyaman. Hyun Sook lalu memberikan mp3 kepada Ibu Hwa Yeon untuk hadiah ulang tahun Hwa Yeon. Ketika Hyun Sook pergi, mp3 itu langsung dibuang oleh ibu Hwa Yeon. Sedangkan Hwa Yeon makin sering bolos sekolah. Dia kemudian teringat kalau Cheon Ji pernah memberinya benang rajut merah, setelah menemukan benang itu Hwa Yeon memberikannya ke teman sekelasnya yang suka merajut.

Elegant Lies 2014

 Cheon Ji memiliki hobi merajut, saat istirahat dia mengisi waktu dengan merajut. Mira sebenarnya cukup dekat dengan Cheon Ji. Ketika Cheon Ji selesai membentuk kain persegi dari benang rajutnya, dia dan Mi Ra akan bermain bersama untuk melepas benangnya sehingga kain itu terbongkar lagi. Mereka juga diam-diam bermain di belakang sekolah setiap hari.

Elegant Lies 2014

Tetapi Mi Ra mulai menjauhi Cheon Ji ketika tahu kalau ayahnya dan ibu Cheon Ji berpacaran, apalagi ketika Cheon Ji menyetujui ibunya untuk berpacaran. Suatu hari Hyun Sook menyuruh Man Ji untuk mengajak Mi Ra dan Mi Ran makan di rumahnya. Hyun Sook ingin membuatkan masakan enak untuk Mi Ra dan Mi Ran yang selama ini menderita karena ayahnya. Saat itu Mi Ra sadar bahwa Hyun Sook adalah wanita yang baik dan ayahnyalah yang salah. Dia menyesal telah menjauhi Cheon Ji.

Elegant Lies 2014

Anak yang diberi benang rajut oleh Hwa Yeon menemukan kertas bunuh diri untuk Hwa Yeon dari Cheon Ji. Mengetahui hal itu Mi Ra meminta kertas itu. Mi Ra juga pernah menerima benang rajut merah dari Cheon Ji yang diberikannya pada Mi Ran. Saat sedang ngobrol datanglah Man Ji. Man Ji dan Mi Ran mencari benang tersebut dan memaksa Mi Ra untuk membaca surat bunuh diri dari Cheon Ji. Tapi Mi Ra terlalu takut untuk membacanya. “Sekalipun kau sudah tahu, tapi kenapa tidak bisa kau simpan saja dalam hatimu? Terkadang ucapan yang keluar dari mulutmu, sangat menyakiti hatiku. Saat bisa memaafkanmu, baru aku akan pergi. Karena aku ingat saat pertama kali melihatmu tersenyum.”

Elegant Lies 2014

Man Ji mencari Hwa Yeon untuk menyuruhnya membaca surat bunuh diri dari Cheon Ji.  Di stasiun, Hwa Yeon menyebarkan rumor buruk mengenai Bo Sin Gak, karena itu adalah satu-satunya cara untuk pergi dari apartemennya. Dia juga mengambil piring-piring dan membuangnya ke tempat yang jauh. Man Ji akhirnya bisa menemukan Hwa Yeon dan memarahinya karena selalu menyiksa orang lain. Man Ji pun menyuruh Hwa Yeon membaca surat bunuh diri Cheon Ji. “Aku akan pergi setelah memaafkanmu, sekalipun aku telah pergi kau tetap harus bertahan disini. Kelak, jangan berbuat seperti ini lagi. Aku juga berharap kau tidak akan bersedih.”

Elegant Lies 2014

Hyun Sook pergi ke sekolah Cheon Ji untuk melihat-lihat bagaimana selama ini keadaan sekolah anaknya. Ketika bel pulang berbunyi, Hyun Sook masuk kelas Cheon Ji dan duduk di bangku Cheon Ji. Disitu dia membaca lagi surat bunuh diri yang dikirim anaknya. “Maafkan aku, karena pergi lebih dulu. Tidak peduli aku sampai mana, aku akan makan dengan baik. Ibu, berjanjilah padaku. Kau akan menguatkan diri dan menjalani hidup dengan baik. Jika tidak, aku akan merasa sedih. Aku mencintaimu, Ibu.”

Elegant Lies 2014

Di perjalanan naik kereta menuju apartemen bersama Hwa Yeon, Man Ji bermimpi tentang Cheon Ji yang akan bunuh diri, Man Ji dan ibunya berlari ke rumah dan berhasil mencegah Cheon Ji, mereka menangis dan berpelukan karena Cheon Ji masih hidup. Tetapi Man Ji sadar semua ini hanya mimpi. Kini Man Ji berjanji akan menjadi anak yang baik, lebih menyayangi ibunya, dan hidup bahagia berdua. Man Ji juga berjanji tidak akan melupakan adiknya yang cantik.

Elegant Lies 2014

Di gulungan terakhir, Cheon Ji menulis, “Kalian baik-baik saja? Seiring berlalunya waktu, jika dilihat kembali, tidak separah yang kita bayangkan. Terima kasih, karena telah melalui semua ini.”

Elegant Lies 2014


Menurut saya, film ini cukup menarik dalam menggambarkan pembulian yang terjadi pada anak-anak sekolah. Pembulian itu bukan hanya berupa kekerasan fisik dan pengucilan, tapi bisa juga dengan kedok persahabatan dan juga membicarakan di belakang. Over all sih film ini cukup menyentuh, bisa menggambarkan hubungan Ibu dan anak, juga seorang adik dengan kakaknya. Ceritanya tidak didramatisir, sederhana, namun pesannya dapat ditangkap penonton dengan baik. Walaupun mungkin karena kesederhanaannya membuat film ini kurang ada gregetnya, tapi cukup lah buat hiburan dan bisa juga buat air mata meleleh. Selain itu acting dari pemain-pemainnya juga sangat mengagumkan.

Rating dari saya 7.5/10

Advertisements

One thought on “Sinopsis Korean Movie: ELEGANT LIES (2014)

  1. Makasih sinopsis nya…keren bgt

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s