Sinopsis Korean Movie: ONE WAY TRIP / GLORY DAY (2016)

Sinopsis Glory Day 2016

Judul Film : One Way Trip / Glory Day

Sutradara : Choi Jeong Yeol

Tanggal Rilis : 24 Maret 2016

Durasi : 93 min

Genre : Drama/Persahabatan

Cast :

Sinopsis Glory Day 2016


Di pantai yang indah dan cuaca yang cerah, keempat sahabat yaitu Yong Bi, Ji Gong, Doo Man, dan Sang Woo berlari menuju laut dengan wajah yang gembira.

—-

Sinopsis Glory Day 2016

Di tengah keramaian kota pada malam itu, dua orang polisi mengejar Yong Bi, Ji Gong, Doo Man, dan Sang Woo. Mereka pun berlari kencang menghindari kejaran polisi hingga akhirnya mereka terjebak di perkampungan penduduk dan menemui jalan buntu. Keempat sahabat itu mulai terpojok karena polisi makin dekat dengan tempat mereka sekarang. Sang Woo menyarankan agar mereka menyerah saja, toh mereka tidak melakukan kejahatan apapun, tapi tiga yang lain merasa akan lebih aman kalau tidak tertangkap.  Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi berpencar. Tidak beruntung Yong Bi dan Sang Woo berada dalam kejaran polisi lagi, mereka pun mengambil jalan berbeda. Sesaat kemudian di perkampungan yang sepi itu terdengar suara ‘Brak!’, Sang Woo ditabrak lari oleh sebuah mobil dengan kecepatan tinggi. Yong Bi menemukan Sang Woo telah berlumuran darah.

Sinopsis Glory Day 2016

Sang Woo langsung dilarikan ke rumah sakit, keadaannya cukup parah sehingga dokter melakukan operasi darurat untuk menyelamatkan nyawa Sang Woo. Di kantor polisi Yong Bi melampiaskan kemarahannya, tidak terima polisi menahannya. Dia ingin pergi ke rumah sakit untuk melihat keadaan Sang Woo. Tangannya berlumuran darah, ekspresinya seakan tidak percaya atas kecelakaan yang menimpa sahabatnya.

<<

Yong Bi dan Ji Gong baru saja gagal masuk ujian universitas, oleh karena itu tahun ini mereka kembali belajar untuk mempersiapkan ujian masuk di tahun depan. Karena tidak mau anaknya gagal lagi, sudah sebulan ini ibu Ji Gong melarang anaknya untuk pergi ke luar rumah. Siang hari itu, Yong Bi berniat menjemput Ji Gong dengan pergi ke rumah Ji Gong. Ibu Ji Gong bilang bahwa Ji Gong tidak di rumah padahal dari dalam rumah Ji Gong sudah memberi sinyal pada Yong Bi. Ji Gong pun kabur lewat jendela.

Sinopsis Glory Day 2016

Setelah berhasil kabur, Yong Bi dan Ji Gong berencana menjemput Doo Man. Berbeda dari teman-temannya, Doo Man telah menjadi mahasiswa dan juga menjadi seorang atlet baseball. Di tengah latihan baseball, hape Doo Man yang ditelpon oleh Yong Bi berbunyi keras. Padalah salah satu peraturan di lapangan baseball adalah semua hape harus dimatikan. Ketahuan oleh pelatihnya Doo Man pun dihukum sehingga sesi latihan semakin panjang. Karena tidak sabar menunggu, akhirnya Yong Bi dan Ji Gong mengacaukan sesi latihan dengan membuat suara-suara aneh lewat speaker yang diperdengarkan ke seluruh lapangan.  Doo Man pun berhasil kabur mengendarai mobil bersama Yong Bi dan Ji Gong.

Sinopsis Glory Day 2016

Sekarang mereka bertiga menjemput Sang Woo. Sebenarnya rencana mereka hari ini adalah untuk jalan-jalan ke Pohang sekalian mengantar Sang Woo yang besok akan masuk wajib militer di Angkatan Laut. Sang Woo tinggal di rumah kecil terbuat dari kayu hanya dengan neneknya. Selama ini neneknya bekerja keras mengumpulkan sampah tak terpakai untuk bisa menguliahkan Sang Woo. Semua uang yang diperoleh juga untuk kebutuhan Sang Woo. Sejujurnya Sang Woo sudah tidak berminat untuk kuliah, dia ingin masuk militer dan kemudian mendaftar menjadi PNS agar tidak menyusahkan neneknya lagi. Tapi sampai saat ini dia belum menceritakan pada neneknya kalau besok dia akan masuk militer.

Sinopsis Glory Day 2016

>>

Kini polisi telah berhasil menangkap Ji Gong dan Doo Man, mereka pun bingung dan bertanya pada Yong Bi kemana Sang Woo pergi. Sebenarnya alasan polisi menangkap mereka adalah polisi menganggap Yong Bi, Ji Gong, Doo Man, dan Sang Woo telah melakukan kekerasan. Dalam ruangan kaca mereka bertiga diinvestigasi, mereka juga bersikeras bahwa mereka tidak melakukan kejahatan. Yong Bi yang berkepribadian keras dan mudah emosi akhirnya tidak tahan lagi, dia meminta dilepaskan dan segera diperbolehkan menjenguk Sang Woo. Karena polisi terus melarang, Yong Bi pun keluar dari ruang investigasi dan membuat kegaduhan di kantor polisi. Kekacauan itu berakhir dengan rusaknya kulkas milik kantor polisi.

Sinopsis Glory Day 2016

Nenek Sang Woo kini berada di rumah sakit. Dia bertanya pada suster dimana Sang Woo walaupun dia sendiri tidak percaya bahwa cucunya mengalami kecelakaan, apalagi kecelakaan itu terjadi jauh di Pohang. Di saat yang sama Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man dipindahkan dari kantor polisi lokal ke kantor polisi wilayah karena telah melakukan kegaduhan dan diancam akan dimasukkan ke dalam LP jika berbuat macam-macam lagi. Disitu mereka mulai diinvestigasi lagi oleh polisi bernama Choi Gyeongsa, mereka pun menceritakan kejadian hari itu dan rencana mengantar Sang Woo ke angkatan laut.

<<

Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man telah sampai di daerah rumah Sang Woo. Tetapi Sang Woo tidak yakin dengan acara jalan-jalan ke Pohang, jadi dia ingin dibatalkan saja. Yong Bi merayunya, bilang kalau mereka akan pergi melihat pantai dan makan makanan laut. Sang Woo luluh juga, jadilah keempat sahabat itu pergi jalan-jalan ke Pohang. Mereka berlarian di pantai, duduk-duduk sambil makan es krim, dan membeli makanan laut yang akhirnya batal karena Doo Man tidak bisa makan makanan laut. Mereka bersenang-senang hingga matahari terbenam, acara hari itu pun mereka tutup dengan minum-minum.

Sinopsis Glory Day 2016

Di dalam mobil yang diparkir di dekat dermaga, Yong Bi dan Sang Woo membicarakan rencana Sang Woo untuk masuk militer. Sedangkan Ji Gong membantu Doo Man yang sedang muntah karena kebanyakan minum. Saat membantu meredakan mabuknya Doo Man, Ji Gong tidak sengaja melihat mobil ‘goyang’ di dekat dermaga dan memberitahu teman-temannya. Ji Gong menyarankan untuk mendekatkan mobil mereka  ke mobil ‘goyang’ dan berharap dapat melihat ‘kejadian’ tertentu di mobil itu. Tapi berbeda dari dugaan, sesaat kemudian keluar seorang perempuan dan laki-laki dari mobil. Si laki-laki menyeret perempuan itu dengan menjambaknya dan terus menerus memukuli perempuan itu dengan keras.

Sinopsis Glory Day 2016

Tak tahan melihat kejadian itu, Yong Bi keluar dari mobil dan berusaha menyelamatkan perempuan yang sedang dipukuli. Perempuan itu meminta tolong untuk diselamatkan dari kekerasan yang dilakukan laki-laki itu. Yong Bi berusaha menghajar laki-laki itu, dan akhirnya ketiga temannya juga ikut menghajar laki-laki itu. Karena dihajar empat pemuda sekaligus, laki-laki itu tidak mampu menahan serangan. Dengan tidak sengaja akhirnya laki-laki itu jatuh ke perahu bersama dengan Doo Man. Perempuan yang dihajar itu telah pergi, dan karena kejadian itulah selanjutnya mereka dikejar polisi atas dugaan tindak kekerasan.

Sinopsis Glory Day 2016

>>

Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man dimasukkan ke dalam sel sementara sampai ditemukannya saksi yang melihat kejadian yang mereka alami. Polisi pun terus mencari bukti kejadian itu, sayangnya polisi tidak berhasil menemukan saksi lain-selain perempuan yang dipukuli-, serta CCTV di tempat kejadian juga rusak sehingga tidak bisa merekam apapun. Yong Bi menelepon nenek Sang Woo dari dalam sel, nenek Sang Woo belum bisa mengetahui keadaan Sang Woo karena operasinya belum juga selesai. Tidak lama kemudian perempuan yang dipukuli itu datang, perempuan itu terus menangis bahkan sebelum ditanyai oleh polisi. Perempuan itu adalah Park Eun Hye, seorang pembaca berita di stasiun TV Pohang.

Sinopsis Glory Day 2016

Investigasi dimulai, sambil menangis perempuan itu bilang bahwa empat anak-anak itu telah membunuh suaminya. Dia juga bilang kalau hari ini adalah hari pertama dia bertemu dengan mereka. Kaget dengan perkataan perempuan itu, Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man pun mengelak, mereka tidak percaya bahwa perempuan itu berbohong apalagi menuduh mereka membunuh padahal mereka sudah menolong dia dari penganiayaan laki-laki itu. Perempuan itu mengaku bahwa dia dan suaminya hanya jalan-jalan mencari angin segar dan merasa anak-anak itu mabuk. Bahkan dia bilang kalau bekas pukulan di wajahnya disebabkan oleh anak-anak itu.

Sinopsis Glory Day 2016

//dalam sambungan telepon, perempuan itu menelepon kekasihnya. Dia bilang bahwa suaminya mengetahui hubungan gelapnya dan suaminya memukulinya dengan ganas//

Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man yang memberontak tidak terima dituduh sebagai pembunuh. Mereka pun kemudian diseret kembali ke sel oleh polisi. Di sisi lain, walaupun telah mendengar keterangan dari saksi, Choi Gyeongsa merasa ada yang mengganjal. Menurutnya Yong Bi, Ji Gong dan Doo Man berkata jujur. Choi Gyeongsa tidak ingin anak-anak itu menjadi korban salah tuduh. Choi Gyeongsa ingin melakukan penyelidikan lanjut, tapi rencana itu dilarang oleh atasannya. Kepala penyidik di kantor polisi wilayah bahkan menyuruh Choi Gyeongsa segera memutuskan siapa pembunuhnya, dia tidak ingin masalah ini terus berlanjut apalagi kejadian ini menyangkut orang-orang penting. Di saat yang sama, dokter mengabarkan pada nenek Sang Woo kalau operasi cucunya berjalan lancar dan tinggal menunggu Sang Woo sadar.

Keesokan paginya, ayah Doo Man, ibu Ji Gong, dan kakak Yong Bi mendatangi kantor polisi wilayah. Ayah Doo Man tidak percaya anaknya yang baik-baik bisa ditangkap karena kasus kekerasan. Ibu Ji Gong juga tidak terima anaknya ditangkap, dia menyalahkan Yong Bi yang mengajak Ji Gong pergi meskipun tidak diijinkan olehnya. Ibu Ji Gong menganggap Yong Bi lah yang salah, apalagi ayah Yong Bi juga merupakan tahanan polisi. Ayah Doo Man dan ibu Ji Gong merayu polisi agar anak mereka dibebaskan, tetapi kakak Yong Bi merasa bahwa hal itu adalah pengakuan kalau anak-anak mereka bersalah. Ayah Doo Man menyuap kepala penyidik dengan uang, ibu Ji Gong memberi kepala penyidik kartu nama suaminya yang merupakan orang penting. Mengetahui ayah Ji Gong adalah orang penting, ayah Doo Man mengajak ibu Ji Gong bekerja sama tanpa mengajak kakak Yong Bi agar anak mereka bebas dari hukuman.

Sinopsis Glory Day 2016

Kepala penyidik dipanggil oleh kepala polisi wilayah, dia diperintahkan untuk mengirim Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man untuk dikirim ke LP besok. Walaupun kepala penyidik menolak karena belum turun surat penangkapan tetapi kepala polisi wilayah tetap bersikeras ingin kasus ini segera selesai. Malam itu di sel tahanan kantor polisi wilayah, Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man tenggelam dalam pikiran masing-masing.  Doo Man teringat perkataan ayahnya, apapun yang ditanyakan oleh penyidik dia harus menjawab bahwa dirinya tidak melakukan apapun dan Yong Bi lah yang bersalah. Begitu juga dengan Ji Gong, sebelumnya ibu Ji Gong menyuruhnya untuk membebankan semua tanggung jawab pada Yong Bi sehingga dia tidak akan dihukum. Yong Bi juga ingat perkataan kakaknya, apapun yang dilakukannya kakak Yong Bi akan selalu mendukungnya.

Sinopsis Glory Day 2016

Sang Woo masih belum sadar juga. Dengan sedih nenek Sang Woo membayar biaya operasi Sang Woo dengan seluruh tabungan yang telah dia dikumpulkan untuk kuliah Sang Woo. Hari ini ketiga teman Sang Woo diberangkatkan ke LP. Mereka dibariskan dengan tali yang saling mengikat dan satu persatu masuk ke dalam bus tahanan. Dalam perjalanan mereka menuju LP, Ji Gong bercerita kalau ibunya menyuruhnya untuk menyerahkan tanggung jawab pada Yong Bi. Doo Man pun berkata kalau ayahnya juga memerintahkan untuk mengaku bahwa Yong Bi lah pembunuhnya. Ji Gong dan Doo Man merasa mereka hanya melerai perkelahian antara Yong Bi dengan lelaki yang memukuli istrinya, mereka sama sekali tidak bersalah. Yong Bi tidak terima dia saja yang disalahkan, dia tidak mau bertanggung jawab sendiri karena teman-temannya juga ikut memukuli laki-laki itu. Tiba-tiba muncul ide di kepala Ji Gong, dia memberi saran pada teman-temannya bagaimana kalau menyalahkan Sang Woo saja, toh sampai sekarang Sang Woo juga belum sadar.

Sinopsis Glory Day 2016

Perkataan Ji Gong membuat Yong Bi emosi, dia tidak mampu membebankan kesalahan kepada Sang Woo seorang diri. Yong Bi memukul Ji Gong, Doo Man pun sibuk melerai mereka, terjadilah perkelahian di dalam bus tahanan. Hal ini membuat polisi marah, polisi akhirnya menghentikan bus di tengah jalan dan memerintahkan mereka keluar dari bus. Saat keluar dari bus, mereka mencoba berlari kabur dari tangkapan polisi. Tapi usaha mereka gagal, para polisi berhasil mengejar dan memukuli mereka ketika mereka sampai di sebuah sungai kecil dekat sawah. Dengan menangis mereka berkata pada polisi kalau mereka tidak bersalah, mereka hanyalah korban salah tuduh.

Sinopsis Glory Day 2016

Setelah dipukuli polisi, tiga sahabat itu dengan lemah berbaring di dalam sungai sambil menatap langit. Saat itu Yong Bi teringat wajah Sang Woo yang berlumur darah ketika terakhir kali mereka bertemu. Yong Bi membayangkan Sang Woo datang menolongnya, Sang Woo menyemangati Yong Bi agar kuat dan bertahan. Dengan sedih Sang Woo bertanya kapan Yong Bi kembali karena dia telah menunggu Yong Bi tapi Yong Bi tidak juga kembali.

Sinopsis Glory Day 2016

>>

Waktu telah berlalu, perempuan yang dipukuli di dermaga itu sekarang telah kembali membacakan berita lewat stasiun TV Pohang. Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man duduk di kursi tersangka di sebuah pengadilan untuk mendengan putusan hakim. Hakim akan memutuskan siapa pelaku yang melakukan pemukulan yang mengakibatkan korban mengalami pendarahan dan berujung kematian. Dan berdasarkan pengakuan pada saat investigasi, tersangka utama dalam kasus ini adalah Sang Woo. Tapi untuk saat ini pputusan ini masih ditangguhkan karena Sang Woo belum sadar dari koma. Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man dikenai denda karena merusak fasilitas publik dan menyebabkan kekacauan. Setelah pembacaan putusan, Yong Bi, Ji Gong, dan Doo Man berpisah pergi dengan keluarga mereka masing-masing.

Sinopsis Glory Day 2016

>>

Nenek Sang Woo membaca surat yang dibuat Sang Woo untuknya. Sang Woo menceritakan rencananya untuk masuk militer dan menjadi PNS sehingga dia tidak perlu kuliah. Sang Woo juga meminta neneknya untuk tidak bekerja keras lagi untuknya dan hidup bahagia tanpa mengkhawatirkan dirinya.

Yong Bi dengan langkah lemah pergi ke upacara pemakaman, di tepat itu seorang wanita tua menyambutnya. Kini Sang Woo telah tiada.

Sinopsis Glory Day 2016

—-

Dengan wajah gembira Yong Bi berlari dan memberikan tanda agar teman-temannya mengikutinya. Ji Gong di belakang Yong Bi, dia pun berlari dengan bahagia dan mengajak yang lain untuk mengikutinya. Di belakang Ji Gong ada Doo Man, dengan penuh senyum dia menyuruh Sang Woo untuk mengikutinya juga. Dengan penuh kebahagiaan keempat sahabat itu pun berlari di pantai yang indah.

Sinopsis Glory Day 2016


Buat saya film ini adalah film yang cukup menguras emosi. Berasa sebel dan ingin marah karena sampai akhir cerita keempat sahabat itu tidak mendapatkan keadilan. Temanya sih memang sudah banyak digunakan yaitu tentang persahabatan, tapi buat saya jalan ceritanya lumayan sulit ditebak. Sepanjang film saya terus bertanya-tanya kapan kebenaran bisa terungkap yang pada akhirnya memang tidak bisa terungkap. Yah sebenarnya sih film ini realistis banget, karena di kehidupan nyata memang orang-orang yang tidak punya kuasalah yang selalu disalahkan, dan poin itu tergambar jelas di film ini.

Akting pemainnya oke-oke, ditambah juga wajah-wajah cakep mereka yang meredakan sedikit frustasi selama nonton film ini. Lebih lagi pemain-pemainnya memang lagi jadi rising star di korea sana. Secara keseluruhan film ini sangat menarik untuk ditonton.

Rating dari saya: 8.5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s