Rekomendasi Dorama / Drama Jepang Bertema Sekolah

My Boss My Hero (2006)

Drama lama, sudah 10 tahun yang lalu, tapi drama ini yang membuat saya jadi ketagihan nonton drama jepang. Drama ini menceritakan tentang seorang bos (anak bos lebih tepatnya) dari grup yakuza (mafianya jepang). Dia adalah Sakaki Makio (Nagase Tomoya) yang berumur 27 tahun. Walaupun sudah 27 tahun tapi Makio belum lulus SMA, dari kecil yang dia tahu hanyalah berkelahi dan memimpin geng yakuza. Ayah Makio merasa dirinya sudah cukup tua dan ingin menyerahkan posisinya kepada anaknya. Makio ingin sekali menjadi bos dan menggantikan ayahnya, tapi ayahnya memiliki satu syarat. Syaratnya yaitu Makio harus lulus SMA lebih dahulu, jika dia tidak mampu maka jabatan bos akan diberikan pada adiknya Sasaki Mikio (Kikawada Masaya). Mikio tidak seperti kakanya, dia adalah anak sopan dan juga pintar, namun sebenarnya dia tidak pernah tertarik untuk menjadi seorang yakuza.

Dari sinilah cerita serunya dimulai. Makio, dengan bantuan ayahnya yang merupakan sahabat kepala sekolah, akhirnya diterima oleh sebuah SMA. Dia berpura-pura menjadi anak 17 tahun dan mengikuti kegiatan sekolah pada umumnya. Karena Makio bodoh dan susah konsentrasi, maka Makio sering menjadi ejekan teman-temannya. Walaupun begitu Makio sangat bersemangat belajar dan mengikuti berbagai kegiatan di sekolahnya. Makio yang tidak pernah mengenal wanita pun akhirnya jatuh cinta pada teman sekelasnya yaitu Umemura Hikari (Aragaki Yui). Yang pasti di sekolah itu Makio menemukan banyak hal baru yang belum pernah dia tahu selama 27 tahun hidup.

Drama ini sangat lucu, menurut saya sih genre utamanya komedi. Banyak hal-hal konyol yang cukup mengocok perut. Walaupun begitu ada juga nilai moral seperti perjuangan, kesetiaan dan kejujuran. Mantap pokoknya drama ini dan sangat menghibur.

Rating dari saya: 9/10

Great Teacher Onizuka (GTO) Remake (2012)

Drama ini awalnya sudah ada di tahun 90-an dan sudah beberapa kali mengalami proses remake. Dari remake tersebut salah satu yang saya tonton yaitu remake di Jepang pada 2012. Setelah menonton drama ini, saya langsung jatuh cinta dan lanjut nonton special episode-nya sekalian.

Karakter utama dari drama ini adalah seorang tukang kebun yaitu Eikichi Onizuka (Akira), dulunya dia adalah seorang anggota dari geng motor. Suatu ketika kepala sekolah melihat potensi Onizuka dan menginginkannya sebagai guru di sekolah itu. Walaupun bergaya preman, Onizuka ternyata selalu ingin menyelesaikan masalah yang dimiliki murid-muridnya. Awalnya memang Onizuka selalu diabaikan oleh murid-muridnya, tapi lama kelamaan mereka sangat menyayangi Onizuka.

Drama ini di setiap episodenya mengangkat cerita dari murid yang berbeda, mulai dari murid yang sering dibully, murid yang melakukan segala cara untuk mendapat uang, maupun murid yang memiliki masalah di keluarganya. Cara Onizuka untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dimiliki muridnya pun selalu unik. Drama ini sangat komplit, banyak pelajaran berharga yang bisa diambil selain dialognya yang lucu dan terkadang mengharukan.

Rating dari saya: 9/10

Q10 (Kyuto) (2010)

Drama ini dimainkan oleh cowok kece Satoh Takeru (sebagai Hetai Fukai) dan salah satu member AKB yang paling terkenal di masanya yaitu Maeda Atsuko (sebagai Karen Kyuto).

Suatu hari Fukai melamun, Fukai membayangkan memencet gigi seseorang dan gigi tersebut mengeluarkan bunyi layaknya piano. Ketika Fukai berjalan melewati lab, dia menemukan sosok cewek yang tertidur. Masih terpikir dengan lamunan sebelumnya, Fukai mencoba memencet gigi cewek tersebut, giginya bersinar dan mengeluarkan bunyi. Cewek itu pun terbangun dan berbicara aneh layaknya robot. Ternyata Fukai tidak sengaja memencet tombol ON dari robot tersebut. Robot tersebut bernama Q10 (kyuto), dia adalah robot cantik berusia sama dengan Fukai.

Setelah kembali “hidup”, Kyuto menjalani keseharian sebagai anak SMA. Dia menjadi murid pindahan di sekolah Fukai dan mengaku bernama Karen Kyuto. Kyuto dan Fukai kebetulan juga menjadi teman sekelas. Fukai pun selalu menjadi teman Kyuto dan mengajari Kyuto banyak hal. Dari sinilah perlahan-lahan Fukai jatuh cinta pada Kyuto, walaupun dia juga menentang hal itu karena tidak mungkin baginya jatuh cinta pada robot. Ternyata Kyuto sebagai robot juga memiliki perasaan sama seperti manusia.

Karena memang ini drama science fiction, jadi wajarlah kalau banyak hal-hal gak masuk akal di ceritanya. Tapi untuk teman santai dan menghabiskan waktu drama ini cukup menghibur untuk ditonton. Terlebih lagi chemistry antara Sato Takeru dan Atsuko Maeda juga dapet banget. Banyak momen-momen cute yang membuat penonton teringat masa-masa cinta pertama XD.

Rating dari saya: 7.5/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s